Sabtu, 16 Maret 2013

KUMPULAN PUISI SISWA-SISWI KOTA TARAKAN



BEST FRIEND FOR EVER
Sejak lama kita bersahabat…
Seperti kepompong…..
 saling membantu satu sama lain….
          Kau selalu ada dalam suka maupun duka…
          Disaat kau membutuhkan aku..
Aku akan ada disampingmu….
Oh…
sahabat aku berjanji….
Akan selalu bersama dalam suka maupun duka ….
Best friend for ever…..

(yusriadi H.B)


SYURGA UNTUK ORANG TUA
Ibu….
 kau bagaikan embun pagi…
yang selalu menyejukkan hati….
          Ayah….
          Kau bagaikan matahari….
          Yang selalu menhangatkan hati….
Terimah kasih ibu…
Kau telah mengandung..
Yang telah melahirkan ke dunia…
Dan yang telah merawatku……
          Terimah kasih ayah…..
          Yang telah mendidik dan yang telah menyayangku….
Ya……Allah….
Berikan kedua orang tua ku…
yang baik…
tempat orang yang sho;eh dan sholehah…
yang bernama syurga terindah-mu…..
                                                                   Tarakan, 2012
Karya Yusriadi dan Riskah
Ayah
Ayah……
Engkau adalah kepala keluarga yang bijaksana,
Engkau yang telah mencari nafka,
Sehingga aku bisa tumbuh seperti ini,
          Ayah……..
          Tak akan pernah aku mampu membalas semua,
          Perlakuanku, kebijaksanaanmu, dan sifat adilmu,
Sebesar  apapun yang kuberikan kepadamu,
Ku yakin tak sepadan dengan tenaga yang kau Keluarkan, keringatmu yang berjatuhan,
Ayah…
Terima kasih atas semuanya,
Terima kasih atas kasih sayangmu,
Aku sayang kau Ayah…..

                                                                   Tarakan, 2012
                                                                   Bella Rosa

KEADILAN
Memandang kehidupan,
Bagaikan mamandang takdir yang telah ditentukan ,
Keras hidup ini membawah kami kedalam kegelapan,

Kekuasaan tidaklah membahagiakan,
Tetapi keadilan adalah kebebasan bagi kami,
Dimanakah…..keadilan bagi kami,
Seorang rakyat yang haus akan keadilan,
Karena hidup adalah kejam dalam kegelapan,
Kami coba untuk menuju titik terang,
Agar dapat menggapai keadilan sesungguhnya,


Tuna netra
Hanya udarah……
Hembusan nafas……
Dan lantai tempatku berpijaklah yang dapat kurasakan………
Mendengar  kicauan burung dipagi hari,
Membuatku terhibur….
          Aku hidup dalam kegelapan….
          Dan hanya kegelapan yang bisa ku lihat…
          Tidak tahu bagaimana malam dan siang….
          Tidak tahu  jalan dan lubang…
          Aku hanya berjalan lurus untuk mencari setitik cahaya….
Kehidupanku hanya dapat bergantung kepada seseorang ……
          Dan ini lah diriku….
          Seorang tunanetra…….
Tarakan, 2012
Lita

IBU
Ibu….
Engkaulah yang merawatku dengan sabar…..
Engkaulah yang membesarkanku  dengan penuh kegembiraan
Engkaulah yang mendidikku dengan penuh perhatian….
          Ibu…..
          Engkau bagaikan bidadariku….
Yang tak pernah kulupakan..
Engkau pelindungku dimana pun aku berada….
Terima kasih Ibu…..
Sungguh besar jasamu kepadaku….
Tak  kan pernah saya lupakan seumur hidupku….
          Ibu…Ibu….Ibu…..dan Ibu….
          Hanya ada ibu dalam hidupku…..

SAHABAT
Wahai sahabat ku…..
Engkaulah yang menemaniku…
Dimanpun aku berada..
Disitulah kau berada…
          Wahai sahabatku…..
          Jika kau tau arti persahabatan itu apa?
          Sahabat adalah tangan dengan mata…
Jika mata yang menangis tangan lah yang menghapusnya….
Wahai sahabatku……
Teriam kasih …
Engkau telah mendampingiku…
Dalam keadaan sedih dan senang….

Tarakan, 2012
Siti Susilawati

INDAHNYA PERSAHABATAN
Tiada mutiara sebening cinta...
Tiada sutra sehalus kasih sayang….
Tiada embun sesuci ketulusan hati…..
Dan tiada hubungan seindah persahabatan ……
Sahasabat bukan
matematika yang dapat dihitung nilainya…….
          Ekonomi yang menharapkan materi…
          PPkn yang dituntut oleh undang-undang …
          Tetapi
          Sahabat adalah sejarah yang dapat dikenang sepanjang masa….
PERPISAHAN
Perpisahan …..
Ternyata  sudah diambang  mata….
Memang benar adanya kau tinggalkan kami….
Kebersamaan ini memang tak selalu ada…..
Kebersamaan hanyalah sebuah dongeng cerita kehidupan…
Apa yang kau risaukan saat ini……
Apa yang ingin kau dapatka pasti kau raih…
Bersenang- senang lah sobat…
          Karena aku disini akan selalu ada…
Disinilah ……dinegeri di awan
Kau memang sobat sejatiku…
Harapan kessepian makin tak ada lagi dalam benakku..
Jika kaupun sedih akupun turut gelisah…
          Raihlah segalah cintamu….
          Harapan akan selalu ada jika kita menikmati hidup dengan hati yang senang…..


PERPISAHAN
Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka…
Sebab apa yang paling kalian kasihi darinya ….
Mungkin akan tampak lebih nyata dari kejauhan….
Seperti……
          Gunung yang Nampak lebuh agung
          Terlihat dari padang dan daratan…..
Tarakan,2012
Nurfadilah

PAHLAWAN
Pahlawanku…..
Kau telah berjasa melawan penjajah di medan perang…….
Kau gugur dimedan perangdemi membelah tanah air tercinta…
          Pahlawanku…….
          Kini kau telah tiada ..
Akan selalu kukenang jasamu selamanya
Aku akan mengabdi kepada bangsa demi kau pahlawanku tercintah…..


GURUKU
Guruku…….
 kau bagaikan pelita kegelapan menerangi cahaya hati….
Membimbing dan mengasuh dengan tenang menjadikanjiwa yang besar….
          Guruku……
          Jasa dan pengabdianmu tiada tara…
Tak pandang panas dan hujan kau terus melangkah demi tugas…
          Sungguh mulia jiwamu…
Guruku……..
Kaulah pahlawan sepanjang masa…
Melawan kebodohan dan menjadikan kami pintar…..
          Guru…….ku…..
          Puji dan syukur ku persembahkan…
Untuk segala pegorbanan dan pengabdianmu……

Tarakan, 2012
Endah Fitrianti

PAHLAWAN TANPA TANDA JASA
Guruku …….
Engkau adalah pahlawanku….
Pahlawan yang selalu membantuku untuk menjadi seorang yang sukses….

          Guruku…..
          Berkat engkau aku yang dulu tidak tahu apa-apa..
Kini aku menjadi banyak tahu…
Guruku…..selama ini kau tabah mengajari….
Walaupun kau tidak pernah meminta apa-apa….
Guruku engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa……

IBU
Ibu…ibu…ibu…..
Ibu engkau adalah orabg yang selalu menghiasi hari-hariku….
Engkau selalu menjagaku…
Engkau selalu membuat aku bahagia….

          Ibu…
          Kasih sayangmu yang terindah membuat aku tidak akan perna melupakanmu….
          Membuat aku selalu mengingatmu….
          Wajahmu selalu terbayang dalam hati….

Tidak hal yang terindah perna aku lihat yang bisa mengalahkan indahnya wajahmu….
Ibu…….engkau adalah malaikatku…
Terimah kasuh ibu….
Tarakan,2012
Siti Hajar

GURUKU
Wahai guruku,
Kau ku kenag selama hidupku,
Dari tidak tahu kau jadikan tahu,
Walau kadang kami membuatmu kesal,
         
Namun dengan sabar kau didik kami,
          Kau tumpahkan ilmumu,
          bagai hujan yang membasahi bumi,
          Nasihatmu akan selalu kami ingat,

Jasa mu kan abadi,
Ilmu yang berguna,
Akan selalu aku impikan,
Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasa,

Tarakan, 2012
Mira Juniyanti
IBU
Ibu adalah wanita yang telah melahirkanku,
Merawatku,
Membesarkanku,
Mendidikku,
Hingga diriku dewasa…………………..
         
Ibu…….
Telah kupandang wajahmu diwaktu tidur,
Terdaoat sinar yang penuh dengan keridohan,
Terdapat sinar yang penuh dengan kesabaran,
Terdapat sinar  yang penuh dengan kasih dan saying,

Ibu …….
Engkau hal yang paling terindah dalam hidupku,
Engkau berusaha merawatku,
Sampai engkau terlelah karena aku,
         
Ibu………
          Jasamu tiada akhir,
          Jasamu  terlukis didalam surga…….

Ibu….
Tapi, apa balasanku?
Aku selalu membuat mu menangis,
Aku selalu membuatmu menderita,
Aku selalu membantah setiap perkataanmu,
         
Ibu…..
          Hanya penyesalan yang ku dapat,
          Hanya tangisku sebagai saksi Rasa  cintaku padamu,
          Hanya doa yang bisa kupersembahkan untukmu,
          Karena aku tak ingin,
          Engkau memasuki api yang panas,
Karena perbuatanku,
Tarakan, 2012
Kasmira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami hanya manusia biasa yang tak terlepas dari salah dan kesilafan, maka dari itu kami mohon kritik dan saran yang membangun guna kesusksesan majalah sastra. terima kasih.